wartadigital.id
Lifestyle

Suarakan Peduli Lingkungan melalui Lukisan Aliran Neo Ekspresionis

Pameran Tunggal “Rekonstruksi Diri” yang Ketiga oleh perupa Ageng Marhaendika di Art Space Artotel TS Suites Surabaya, Jumat (24/5/2024).

 

SURABAYA (wartadigital.id) – Kepedulian akan lingkungan disuarakan oleh perupa asal Pekalongan Ageng Marhaendika melalui karya lukis beraliran Neo ekspresionis. Dalam pameran tunggal “Rekonstruksi Diri”, Ageng mengangkat konsep Kintsugi, sebuah filosofi dari Jepang yang mengakui keindahan dalam kerusakan dan proses memperbaiki sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan.

Ageng mengatakan alam di Pekalongan sangat terdampak pada lingkungan dari proses pembuatan batik, dimana ketinggian tanah yang mengalami penurunan antara 6 hingga 12 cm per tahun, terjadinya banjir rob atau kebakaran.

“Dengan konsep Kintsugi ini, saya ingin menyampaikan bahwa kerusakan yang telah terjadi masih bisa diperbaiki, ” kata Ageng pada acara Pembukaan Pameran Tunggal “Rekonstruksi Diri” yang Ketiga di Art Space Artotel TS Suites Surabaya, Jumat (24/5/2024).

Ageng menambahkan melalui karya-karyanya yang beraliran Neo ekspresionis dengan konsep Kintsugi ini, dirinya berharap mengundang penonton atau siapa pun yang menikmati lukisannya bisa merenungkan arti sejati dari keindahan dalam kesempurnaan yang tidak sempurna.

“Melalui goresan luas dan lapisan warna merupakan metafora dari proses penyembuhan dan pertumbuhan yang terjadi dalam kehidupan kita, ” imbuhnya pria yang baru kali pertama mengadakan pameran tunggal di Surabaya.

Ageng menyampaikan melalui lukisan ini dirinya ingin mengajak kepada masyarakat baik di Pekalongan khususnya dan masyarakat Indonesia secara umumnya bahwa kerusakan lingkungan yang telah terjadi masih bisa diperbaiki maka harus segera dilakukan perbaikan agar anak cucu tetap bisa mewarisi tanah Nusantara yang indah dan sehat.

Sementara itu, General Manager Artotel TS Suites Surabaya, Teddy Patrick mengungkapkan Artotel RS Suites Surabaya berharap dengan adanya kolaborasi ini, pihaknya dapat memperkenalkan karya-karya dari Seniman lokal dan menjadi wadah bagi para pelaku seni. Karya-karya tersebut juga ditujukan kepada para kolektor ssni dan dapat dinikmati oleh masyarakat umum tidak hanya tamu hotel.”Pameran mulai 24 Mei hingga 24 Agustus 2024,” pungkasnya. sis

Related posts

15 Produk Inovasi Kolaborasi Unair untuk Tangani Covid-19

redaksiWD

Miracle Aesthetic Clinic Rayakan Anniversary ke-27, Kenalkan Astrid Tiar Jadi Brand Ambassador yang Baru

redaksiWD

Mau Download Sertifikat Vaksin Covid-19? Begini Caranya

redaksiWD