wartadigital.id
Jawa Timur

Antisipasi Cuaca Ekstrem, PLN UIT JBM Inspeksi Gardu Induk

Inspeksi rutin dilakukan ke seluruh Gardu Induk (GI) dan aset-aset penyaluran di wilayah kerja PLN UIT JBM

SURABAYA (wartadigital.id) – Komitmen menghadirkan sistem penyaluran tenaga listrik yang andal dilakukan PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, tegangan tinggi. Inspeksi rutin dilakukan ke seluruh Gardu Induk (GI) dan aset-aset penyaluran di wilayah kerja PLN UIT JBM.

Langkah cepat ini sebagai komitmen menjaga pelayanan optimal untuk pelanggan  tegangan tinggi. Disebutkan General Manager PLN UIT JBM, Amiruddin, inspeksi rutin dilakukan terutama mengingat cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi masih berlangsung.

“Inspeksi rutin kepada pelanggan tegangan tinggi dilakukan untuk memastikan keandalan pasokan untuk kelancaran operasional seperti yang dilakukan Unit Pelaksana Transmisi Surabaya ke GI 150kV Maspion yang menunjang operasional PT Maspion. PLN berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan melindungi konsumen dari potensi gangguan listrik,” kata Amiruddin, Rabu (1/5/2024).

Selama inspeksi, pengecekan keseluruhan dilakukan PLN bersama pelanggan terhadap kondisi asset. Pengecekan dilakukan UPT Surabaya terhadap kondisi Material Transmisi Utama (MTU) juga kondisi wiring di area proteksi Gardu Induk, untuk mengantisipasi pada musim hujan yang disertai badai dan intensitas petir tinggi.

“Hujan badai dengan intensitas petir tinggi bisa menjadi ancaman serius bagi keandalan pasokan listrik, termasuk beberapa kali adanya gempa yang terasa hingga Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya. Sehingga pengecekan yang dilakukan guna memastikan bahwa peralatan yang ada di GI 150kV Maspion berfungsi optimal dan mampu bertahan dalaInspeksi rutin dilakukan ke seluruh Gardu Induk (GI) dan aset-aset penyaluran di wilayah kerja PLN UIT JBM.m kondisi tersebut,” tambah Amiruddin.

Ia juga menerangkan, langkah-langkah peningkatan keandalan pasokan listrik melibatkan berbagai aspek, mulai dari pemeliharaan rutin hingga peningkatan sistem proteksi. “Pemeliharaan ini menjadi komitmen PLN menjaga keandalan sistem transmisi siap menghadapi cuaca ekstrem sehingga terjaga pasokan listrik yang stabil agar pelayanan prima dapat diberikan untuk pelanggan juga mendukung kebutuhan listrik masyarakat secara berkesinambungan,” kata Amiruddin. nti, jnr

Related posts

Dampak Kerusakan Bencana Gempa Bumi di Pulau Bawean Mulai Ditangani

Admin Warta Digital

5 KPU Kab/Kota Terima Pendaftaran Calon Perseorangan, Saat Ini Lakukan Verifikasi Administrasi

redaksiWD

Hari Otoda 2024, Jatim Raih Lima Penghargaan Prestasi PPD