wartadigital.id
Jawa Timur

Berihram, Jemaah Calon Haji Gelombang II Embarkasi Surabaya Diberangkatkan

Ibadah di Makkah itu mewajibkan jemaah calon haji mengenakan busana ihram

SURABAYA (wartadigital.id) – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya memberangkatkan jemaah calon haji (JCH) gelombang II ke Tanah Suci, yakni kelompok terbang (kloter) 47 – 106.

Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya Abdul Haris memastikan kloter 47 dan 48 asal Kabupaten Lumajang, mengawali keberangkatan jemaah calon haji gelombang II pada hari ini.

“Sedangkan terakhir kloter 106 nanti dijadwalkan berangkat tanggal 10 Juni 2024,” katanya saat dikonfirmasi, Jumat (24/5/2024).

Sebelumnya sejak tanggal 12 hingga 23 Mei, PPIH Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan sebanyak 16.814 jemaah calon haji gelombang I yang terbagi dalam kloter 1 – 46.

Berbeda dengan jemaah calon haji gelombang I yang penerbangannya mendarat di Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz, Madinah, kemudian terlebih dahulu menjalankan ibadah Arbain, maka gelombang II mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, serta langsung menuju Makkah untuk menunaikan ibadah umrah wajib sampai dengan pelaksanaan puncak haji.

Abdul Haris menjelaskan ibadah di Makkah tersebut mewajibkan jemaah calon haji mengenakan busana ihram. “Maka diimbau mempersiapkan kain ihramnya karena ada beberapa jemaah yang akan membacakan niat di atas pesawat karena akan mengawali ibadah umrah di Qarnul Manasil,” ujarnya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur itu bahkan menyarankan jemaah yang tergabung dalam gelombang II mengenakan busana ihram sejak berangkat dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

“Itu sebagai antisipasi menghindari antrean yang menumpuk seandainya berganti busana ihram di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah,” tuturnya.

Sedangkan niat ihram dapat dilakukan oleh jemaah calon haji di atas pesawat saat telah melintasi wilayah Yalamlam. “Atau niat ihram bisa dibacakan ketika sudah sampai di Bandara Jeddah, yaitu jelang melanjutkan perjalanan darat menuju Makkah,” tutur Haris. ike, nta

Related posts

Sebuah Kisah Inspiratif, Mbah Tono Pemulung asal Ponorogo Naik Haji

Jamaah Calon Haji Jombang Tahun 2024 Jalani Manasik Massal Terakhir

Diaspora Banyuwangi Berkumpul, Siap Pasarkan Wisata Blambangan ke Pentas Dunia