wartadigital.id
Mataraman

BPN Jatim – DPR RI Percepat Layanan Digitalisasi PTSL

Sosialisasi Program Strategis Nasional Kementerian ATR/BPN di Kabupaten Ponorogo, Senin (10/6/2024).

 

PONOROGO (wartadigital.id) –  Kantor Wilayah Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Timur bersama dengan Komisi II DPR RI terus melakukan upaya percepatan dalam rangka menyukseskan program strategis nasional Kementerian ATR/BPN terutama Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat salah satunya Kabupaten Ponorogo.

Pejabat Fungsional Kanwil BPN Provinsi Jawa Timur Sugeng mengatakan sejak tahun 2017 hingga tahun 2023 program PTSL telah berhasil mendaftarkan 110,8 juta bidang tanah dari target yang telah ditetapkan sekitar 126 juta bidang tanah di seluruh Indonesia.  “Sisa target akan dituntaskan tahun 2024-2025,” katanya dalam acara Sosialisasi Program Strategis Nasional Kementerian ATR/BPN di Kabupaten Ponorogo, Senin (10/6/2024).

Ia mengatakan, untuk saat ini sesuai visi misi Kementerian ATR/BPN tahun 2020-2025, sedang fokus menuju transformasi digital layanan pertanahan, transformasi layanan digital akan diwujudkan secara bertahap mulai dari pelayanan pertanahan dari manual ke elektronik.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Komisi II DPR RI Supriyanto, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo serta beberapa tokoh masyarakat di Kabupaten Ponorgo.

“Program strategis nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian ATR/BPN ini dinilai rakyat sudah mendapatkan kemajuan dalam layanan pertanahan dibandingkan dengan sebelum adanya Program Strategis Nasional yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi,” tutur Supriyanto.

Ia menjelaskan fokus dari program strategis nasional yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi adalah PTSL. “PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal sandang, pangan dan papan. Program tersebut dituangkan dalam peraturan Menteri No. 12 Tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden Tahun 2018,” tuturnya.

Dalam sosialisasi program strategis nasional ini Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo Arinaldi menyampaikan target PTSL Kabupaten Ponorogo pada tahun ini sebesar 7.120 bidang tanah dan sudah terealisasi sebesar 36,91 persen dari target yang sudah ditetapkan.  “Urus sendiri sertifikatmu tanpa kuasa tanpa perantara biaya jelas persyaratan pun jelas,” ajak Kepala Kantor Pertanahan Ponorogo kepada masyarakat yang hadir dalam acara sosialisasi. ara

Related posts

Wapres Resmikan 4 Masjid di Rest Area Pasuruan

redaksiWD

Rangkaian HUT ke-104 Kota Madiun, Khofifah Naik Volkswagen Safari Keliling Kota

Admin Warta Digital

Kabupaten Mojokerto PPKM Level 3, Tak Ada Pengetatan Secara Khusus

redaksiWD