wartadigital.id
Headline Nasional

Pemerintah Berhasil Evakuasi 26 WNI dari Afghanistan

 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

 

JAKARTA (wartadigital.id) – Pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi 26 warga negara Indonesia dari Kota Kabul usai Taliban menguasai Afghanistan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengumumkan hal tersebut melalui akun resmi Kementerian Luar Negeri, Jumat (20/8/2021) hari ini. Mereka dievakuasi dengan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara.

“Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staf KBRI, 5 WN Filipina, dan 2 WN Afghanistan (suami dari WNI dan staf lokal KBRI),” tulis Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi via akun Twitter-nya, @Menlu_RI.

Retno menyampaikan rombongan WNI sekarang sudah sampai di Islamabad. Mereka akan melajutkan perjalanan menuju Tanah Air. “Pesawat saat ini sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia,” katanya.

Menlu Retno belum menjelaskan nasib kedutaan Indonesia di Kabul apakah akan ditutup atau tetap dibuka. Pemerintah juga belum membuat keputusan apakah nanti akan menjalin hubungan diplomatik dengan pemerintah baru Afghanistan di bawah kekuasaan Taliban atau tidak.

Kelompok Taliban sendiri sudah mendeklarasikan negara baru Afganistan bernama “Imarah Islam Afghanistan”. Ini sebenarnya nama lama dari negara itu ketika rezim Taliban berkuasa hingga 2001 atau sebelum digulingkan oleh invasi NATO pimpinan Amerika Serikat (AS). set, cik

 

Related posts

Pemerintah Jokowi Sebut AHY Ketua Umum Partai Demokrat yang Resmi

redaksiWD

Tiongkok Mulai Kelabakan Hadapi Amukan Corona Varian Delta

redaksiWD

Ini Alasan Mark Zuckerberg Pilih Nama Meta Gantikan Facebook

redaksiWD