wartadigital.id
Headline Surabaya

Pilar Pelayanan Pasien Covid-19, RSUA Beri Jaminan Kerja bagi Perawat

Manajer Keperawatan RSUA Prof Kusnanto SKp, MKes saat memberikan penghargaan kepada salah satu Ners teladan.

SURABAYA (wartadigital.id) – Perawat merupakan garda terdepan dalam membantu menangani pasien Covid-19. Karena itu jaminan kerja sangat dibutuhkan perawat dalam menjalankan profesinya.

Di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) pimpinan memberikan jaminan kerja bagi perawat. Jaminan kerja itu diberikan dalam hal keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja dari keseluruhan sebanyak  446 staf perawat di RSUA.

Hal itu disampaikan Direktur RSUA Prof Dr Nasronudin SpPD, KPTI-FINASIM saat peringatan Hari Perawat Nasional ke-47 yang diperingati di RSUA, Rabu (17/3/2021).

Dalam peringatan Hari Perawat itu, Prof Nasronudin secara tegas mengakui peran vital perawat sebagai pilar operasional layanan kesehatan yang melakukan kontak langsung dengan pasien. “Di masa pandemi, peran perawat begitu besar sebagai salah satu penentu utama kesembuhan pasien,” terangnya.

Dalam memberikan jaminan keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja kepada seluruh staf, RSUA pemberian pelayanan dan fasilitas kesehatan canggih yang dapat mempermudah kerja para perawat.

“Kami memiliki alat komunikasi yang lengkap, penggunaan teknologi robot, jumlah APD yang memadai, alat-alat kesehatan yang canggih, serta pemisahan gedung pasien Covid-19 dan non Covid-19. Semua dilakukan untuk mempermudah dan menjaga keselamatan kerja perawat,” kata Prof Nasronudin.

Tidak hanya itu, RSUA juga menjamin kesehatan fisik dan psikis para perawat melalui pemberian vitamin, nutrisi, dukungan psikologis, serta pembagian waktu kerja untuk menghindari kelelahan dan stres.

Sementara itu Manajer Keperawatan RSUA Prof Kusnanto SKp, MKes turut menimpali bahwa perawat memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan psikologis pasien agar tingkat kesembuhan mereka semakin besar.

“Untuk itu, kami secara rutin melakukan supervisi dan dukungan psikologis bagi perawat. Harapannya agar semangat dan pelayanan mereka tetap tinggi, hingga mampu menularkannya pada pasien,” tutur Guru Besar Fakultas Keperawatan Unair itu.

Melalui jaminan dan pelayanan RSUA terhadap perawat, RSUA hingga kini mencatatkan tingkat kesembuhan yang tinggi pada pasien Covid-19. Maka melalui gelaran tersebut, jajaran petinggi RSUA pun juga memberikan apresiasi dengan membagikan bingkisan kepada semua pasien serta memberikan penghargaan Ners Idol bagi para perawat RSUA yang berprestasi.

“Kami berharap peringatan ini dapat menjadi wahana semangat dan energi baru bagi perawat kita yang setahun ini telah berjibaku dalam penanganan pandemi. Kami pun berharap pemerintah ke depannya akan semakin memperhatikan kesejahteraan perawat, entah melalui insentif, status PNS, maupun jaminan jelas bagi karirnya ke depan,” tutup Prof  Nasronudin. ttw

Related posts

Tak Membatalkan Puasa, Masyarakat Tak Perlu Takut Melakukan Vaksin saat Ramadan

redaksiWD

ITS Terima 1.279 Calon Mahasiswa dari Jalur SNMPTN 2021, Teknik Informatika Persaingan Paling Ketat

redaksiWD

Pemberdayaan Pesantren, Bank Jatim Permudah Layanan Transaksi OPOP

redaksiWD