wartadigital.id
Headline Nasional

Positif Covid-19,  Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia

Rachmawati Soekarnoputri

JAKARTA (wartadigital.id) – Kabar duka datang dari keluarga besar mantan Presiden pertama Indonesia, Soekarno. Salah satu puterinya, Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia.  Dia menghembuskan nafas terakhir dalam perawatan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat.

Kabar duka itu disampaikan Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Dia meminta agar rakyat Indonesia mendokan almarhumah.

“Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Bu Rachmawati Soekarnoputri telah berpulang pada pukul 06.15,” kata Dasco, Sabtu (3/7/2021) pagi.

Dia menyampaikan segenap keluarga besar Partai Gerindra sangat berduka  atas kepergian Rachmawati Soekarnoputri. “Kami meminta kepada seluruh rakyat Indonesia untuk mendoakan almarhumah semoga husnul khatimah dan mendapatkan tempat yang layak di sisinya,” katanya.

Dasco memastikan bahwa Rachmawati positif terinfeksi Covid. “Ya, Covid,” katanya.

Rachmawati lahir di Jakarta pada 27 September 1950. Anak ketiga dari pasangan Soekarno dan Fatmawati ini dikenal sebagai tokoh yang kukuh memperjuangan hak konstitusional rakyat Indonesia.

Salah satu kepedulian Rachma adalah pada dunia pendidikan. Pada 1981 ia mendirikan Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) dan pada 1983 mendirikan Universitas Bung Karno (UBK).

Namun di era Orde Baru itu, UBK dilarang beroperasi. Dan baru berdiri kembali pada 1999 di era Presiden BJ Habibie UBK kembali beroperasi. Pada 2016 Rachmawati mendapatkan gelar Doctor Honoris Causa dari Republik Rakyat Demokratik Korea atau Korea Utara. Pada periode 2007-2009 Rachma dipercaya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).  Rachmawati juga tercatat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo Subianto. set, cik

 

Related posts

Tiba di Indonesia, Panglima Militer Myanmar Min Aung Hlaing Dihadang Demo

redaksiWD

Kongres XXXI HMI Ricuh, Enam Orang Diamankan Polisi

redaksiWD

WHO Serukan Dunia Tunda Pemberian Dosis Ketiga Vaksin Covid-19

redaksiWD