wartadigital.id
Tapal Kuda

Ribuan CJH Kabupaten Pasuruan Diberangkatkan dalam Dua Sesi

Calon jemaah haji dari Kabupaten Pasuruan saat dilepas oleh Pj Bupati Pasuruan

PASURUAN (wartadigital.id) –
Sebanyak 1.095 jemaah calon haji (CJH) Kabupaten Pasuruan dari total 1.391 orang, diberangkatkan menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Sabtu (18/5/2024).

Ribuan jemaah tersebut tidak diberangkatkan sekaligus. Namun dibagi menjadi dua kali pemberangkatan. Yakni 366 jemaah dari kloter 30 diberangkatkan pukul 09.00 WIB, serta 729 jamaah dari kloter 31 dan 32 berangkat pada pukul 16.00 WIB.

Pantauan di lapangan, 366 jemaah diberangkatkan secara resmi oleh Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto dari depan Gedung Graha Maslahat, Komplek Perkantoran Pemkab Pasuruan.

Dalam sambutannya, Andriyanto berpesan agar para jemaah senantiasa menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci Makkah maupun Madinah. Sebab diperlukan fisik yang prima agar seluruh rukun haji maupun ibadah wajib dan sunah dapat dilakukan dengan sempurna.

“Doa saya nggak banyak. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan sehat dan kuat untuk para Tamu Allah yang akan berhaji tahun ini. Saya doakan berangkat dan pulangnya, jumlah jemaah tidak ada yang berkurang sampai kembali ke tanah air,” harapnya.

Untuk para petugas, baik PHD, TPIH, TKHI hingga para medis, Andriyanto berharap dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Terutama membantu kelancaran jemaah serta memberikan pelayanan kepada jemaah yang membutuhkan bantuan.

“Saya meyakini bahwa para petugas yang diberikan amanah, akan dapat melaksanakan tugas sebagaimana mestinya. Membantu jemaah agar ibadahnya lancar dan memberikan pelayanan jikalau sewaktu-waktu dibutuhkan oleh jamaah,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan, Syaikhul Hadi menjelaskan, jumlah total jemaah Kabupaten Pasuruan yang berangkat haji tahun ini sebanyak 1.391 dan tergabung dalam kloter 30, 31, 32, 45 dan 46.

Selain kemarin, sekitar 300 jemaah calon haji Kabupaten Pasuruan lainnya akan diberangkatkan pada 22 Mei, dan bergabung dengan jemaah dari Gresik dan Kota Pasuruan.

Di dalamnya ada jemaah lansia maupun jemaah yang terpaksa menggunakan kursi roda selama melaksanakan ibadah haji.

“Contohnya yang diberangkatkan pagi ini, ada 15 jemaah yang memakai kursi roda dan 6 jemaah lansia. Kemudian yang berangkat nanti sore juga ada 10 lansia dan 18 jemaah yang memakai kursi roda. Kita doakan agar senantiasa dijaga kesehatannya,” kata dia. sur, ins

Related posts

Peringati Nuzulul Qur’an, Banyuwangi Gelar Khotmil Qur’an Serentak

redaksiWD

PPKM Level 2 dan Destinasi Mulai Dibuka, Pelaku Perjalanan Wisata Lirik Banyuwangi

redaksiWD

KPK Gelar Bimtek di Banyuwangi, Diikuti Berbagai Elemen Masyarakat