wartadigital.id
Headline Mataraman

Tinjau Vaksinasi di Jatim, Presiden Harap Penyebaran Varian Delta Bisa Ditekan

Antara
Presiden Joko Widodo saat meninjau vaksinasi massal untuk pelajar di SMPN 3 Mejayan Kabupaten Madiun beberapa waktu lalu.

 

PONOROGO (wartadigital.id) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap dengan percepatan vaksinasi di sejumlah daerah dapat menekan penyebaran Covid-19. Dia juga mengimbau masyarakat agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan meskipun telah disuntik vaksin Covid-19.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meninjau vaksinasi bagi pelajar yang digelar di SMK PGRI 2 Ponorogo Kabupaten Ponorogo, Selasa (7/9/2021). Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 1.000 siswa-siswi SMK menerima suntikan dosis pertama vaksin Sinovac. “Semoga dengan kecepatan vaksin yang telah kita lakukan, penyebaran Covid, penyebaran varian Delta bisa kita kurangi, bisa kita hentikan,” kata Jokowi dalam keterangan resmi dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa (7/9/2021).

Selanjutnya, Jokowi meninjau kegiatan vaksinasi bagi para santri di Pondok Pesantren KH Syamsuddin Kabupaten Ponorogo. Kegiatan vaksinasi secara bersamaan juga dilakukan di pondok pesantren, gereja dan rumah ibadah di 34 provinsi.   “Siang hari ini kita telah melaksanakan vaksinasi serentak di pesantren dan gereja, rumah-rumah ibadah. Saya sangat menyambut baik apa yang dilakukan oleh TNI dan Polri ini,” ujarnya.

Untuk diketahui Presiden Jokowi bertolak menuju Provinsi Jawa Timur untuk melakukan kunjungan kerja, Selasa (7/9/2021) pagi. Dalam kunjungannya hari ini, Jokowi akan meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di beberapa tempat. Usai meninjau vaksinasi massal, Presiden juga rencananya akan meresmikan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo.

Berdasarkan keterangan dari laman resmi Sekretariat Kabinet, setibanya di Pangkalan TNI AU Iswahjudi Kabupaten Magetan, Presiden langsung menuju SMK PGRI 2 Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, untuk meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi para pelajar. Setelahnya, Presiden juga akan meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Pondok Pesantren KH Syamsuddin yang diperuntukkan bagi para pelajar dan santri. Di sana, Presiden akan turut menyapa para peserta vaksinasi dari sejumlah rumah ibadah di seluruh Indonesia.

Selain meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19, Presiden Jokowi juga diagendakan untuk melakukan peninjauan sekaligus meresmikan Bendungan Bendo yang ada di Dusun Bendo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Pada siang harinya, Presiden akan melanjutkan perjalanan menuju Kota Blitar dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU.

Setibanya di Kota Blitar, Presiden akan langsung menuju lokasi Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) guna meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 yang diperuntukkan bagi masyarakat. Setelahnya, Kepala Negara bersama rombongan akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Timur antara lain Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Adapun, ini merupakan ketiga kalinya Jokowi meresmikan proyek bendungan dalam waktu yang berdekatan. Sebelumnya, Presiden Jokowi meresmikan proyek Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Selasa (31/8/2021). Bendungan Kuningan yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang berfungsi menyuplai air secara kontinu ke beberapa daerah seperti Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, serta Kabupaten Brebes di Jawa Tengah.

Bendungan Kuningan memiliki daya tampung air 25,9 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 221,59 hektare. Bendungan lebih dari cukup untuk mengairi 3.000 hektare daerah irigasi di tiga daerah lintas provinsi tersebut.

Presiden menyebutkan Bendungan Kuningan menghabiskan biaya pembangunan Rp 513 miliar dan selesai dalam waktu tujuh tahun. Jokowi berharap bendungan ini dapat dinikmati sebesar-besarnya ioleh masyarakat terutama petani.

Setelah itu Presiden Jokowi kembali meresmikan proyek Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu Lampung, Kamis (2/9/2021). Bendungan yang dibangun dengan biaya Rp 1,78 triliun ini memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik dengan luas genangan 800 hektare.

Kepala Negara juga menyampaikan bahwa bendungan ini multifungsi yaitu sebagai irigasi, menyediakan air baku, pembangkit listrik hingga pengendalian banjir. set, ren, bis

Related posts

Abdee Slank, Loyalis Jokowi yang Kini Dapat Jabatan Komisaris Telkom

redaksiWD

Gubernur Khofifah Tinjau Vaksinasi Pedagang Pasar Baru Tuban

redaksiWD

Waspadai Penipuan Pembebasan Lahan, Pertamina Temukan Nota Kesepahaman Palsu

redaksiWD