wartadigital.id
Headline Surabaya

Wisuda ke-123 ITS Luluskan 1.290 Wisudawan

Pengucapan janji wisudawan yang dipimpin oleh wisudawan Muhammad Kadarisman dan Nada Nibrassalbila Rosadi serta didampingi oleh finalis Duta Kampus ITS-Angelica Monica Puspitasari (tengah).

 

SURABAYA (wartadigital.id) –  Prosesi wisuda ke-123 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali digelar secara hybrid (daring dan luring) selama dua hari berturut-turut, mulai Sabtu (10/4/2021). Sebanyak 1.290 wisudawan secara sah dinyatakan lulus oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng.

Dalam sambutannya, rektor yang biasa disapa Ashari ini mengungkapkan bahwa wisuda kali ini terdiri dari 1.026 orang berasal dari jenjang Diploma (D3 dan D4), Sarjana (S-1), Magister (S-2), dan Doktor (S-3), serta 264 orang Program Profesi Insinyur (PPI). “Sebanyak 208 peserta dari total wisudawan berhasil lulus dengan predikat cumlaude,” jelas Rektor ITS periode 2019-2024 ini.

Wisuda ke-123 ini terbagi menjadi dua sesi dalam dua hari. Sesi pertama wisuda diikuti oleh 560 wisudawan dari tiga fakultas. Yakni Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS), Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (FTSPK) dan Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC). Sementara 730 wisudawan dari empat fakultas lainnya akan hadir pada sesi kedua, Minggu (11/4/2021) besok.

Pada kesempatan ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno turut memberikan sambutannya kepada para wisudawan ITS tersebut. Sandi mengucapkan selamat atas terselenggaranya Wisuda ITS ke-123 dan berpesan agar wisudawan dapat turut memajukan ekonomi bangsa dengan menerapkan keilmuan yang sudah didapatnya. “Jadilah wisudawan berkarakter yaitu cerdas, amanah, dan kreatif,” tutur Sandi yang memberikan sambutannya secara daring dari Sanur, Bali.

Beberapa wisudawan tercatat menjadi lulusan terbaik dari Wisuda ke-123 ini. Dari program doktor, lulusan terbaik diraih oleh Bramantyo Airlangga dari Departemen Teknik Kimia dengan raihan IPK 4 atau sempurna. IPK sempurna juga berhasil diraih Nur Fajar Aprilia Sari dari Departemen Teknik Sipil yang merupakan lulusan terbaik program magister.

Selanjutnya dari jenjang sarjana, lulusan terbaik disematkan kepada Komang Yogananda Mahaputra Wisna dengan perolehan IPK nyaris sempurna yaitu 3,93. “Predikat ini merupakan buah dari hasil kerja keras saya selama menempuh perkuliahan 3,5 tahun di ITS,” ucap Komang saat memberikan pidato singkat di acara wisuda 123 ini.

Lebih lanjut, apresiasi juga diberikan kepada lulusan termuda hingga tertua. Lulusan termuda disandang oleh Brilian Putra Amiruddin dari jenjang sarjana program studi Teknik Elektro dengan usia 20 tahun 1 bulan dan perolehan IPK 3.75. Sementara lulusan tertua diraih oleh Wahju Herijanto dari jenjang doktor program studi Teknik Sipil dengan usia 58 tahun 7 bulan dan perolehan IPK sempurna.

Terakhir, Wakil Sekretaris Jendral Pengurus Pusat Ikatan Alumni (PP IKA) ITS Ir Made Suryadana MM berpesan agar wisudawan mampu membedakan tindakan yang baik dan buruk dalam bermasyarakat nantinya. “Selamat bagi para wisudawan yang telah menuntaskan perkuliahannya dengan baik dan selamat datang di dinamika kehidupan yang sesungguhnya,” pungkasnya. sis

 

Related posts

Maksimalkan Riset, Unair Perpanjang Kerjasama dengan SKK Migas

redaksiWD

Ratu Elizabeth II dan Rakyat Inggris Ucapkan Perpisahan pada Duke of Edinburgh

redaksiWD

ITS Luncurkan PlasmaHub, Platform Digital untuk Bantu Permasalahan Donor Plasma Konvalesen

redaksiWD