wartadigital.id
Surabaya

Festival Rujak Uleg di Surabaya, Bakal Diikuti 432 Peserta

Setidaknya 432 peserta bakal ikut Festival Rujak Uleg di Surabaya 

SURABAYA (wartadigital.id) – Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menyatakan ada 432 peserta yang siap mengikuti salah satu acara rangkaian Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS), yakni Festival Rujak Uleg, Minggu (19/5/2024).

“Hingga saat ini ada 108 grup yang mendaftar dengan masing-masing grup itu terdiri dari empat orang. Totalnya ada 432 orang peserta Festival Rujak Uleg,” kata Kepala Disbudporapar Kota Surabaya Hidayat Syah dalam keterangan resmi, Senin (13/5/2024).

Hidayat menjelaskan sudah menetapkan empat konsep busana yang digunakan oleh ratusan peserta Festival Rujak Uleg, yakni dengan tema Akulturasi Budaya Surabaya.

“Busananya adalah Surabaya European Style, Surabaya Oriental Looks, Surabaya Ampel’s Fusion dan Surabaya Local Pride,” ujarnya.

Tak seperti tahun sebelumnya, Festival Rujak Uleg yang digelar di kawasan Kya-Kya harus berganti lokasi penyelenggaraan di Taman Surya, Balai Kota Surabaya.

Sebab, kawasan Kya-Kya saat ini sedang dalam pengerjaan penataan kawasan Kota Lama yang direncanakan diresmikan saat perayaan HJKS ke-731 tahun.

Selain itu, kata Hidayat pemilihan lokasi acara merupakan arahan Walikota Eri Cahyadi yang menginginkan masyarakat memiliki kedekatan dengan Taman Surya dan balai kota. “Maka melalui momen ini, warga bisa menyempatkan hadir di Taman Surya,” ujarnya.

Sementara, Pemkot Surabaya tak menyelenggarakan Festival Rujak Uleg saja, namun juga perlombaan peragaan busana yang pesertanya berasal dari jajaran perangkat daerah setempat.

Hingga saat ini ada 64 pasangan peserta peragaan busana yang telah mendaftarkan diri ke panitia acara. “Total keseluruhan ada 128 peserta dan masing-masing peserta itu membawa suporter,” kata Kepala Disbudporapar Kota Surabaya. ike, ara

Related posts

Cegah Banjir di Kawasan Perkampungan, Pemkot Surabaya Keruk Sungai Srikana

redaksiWD

Hingga Jumat Malam, BMKG Catat 110 Gempa Tuban-Bawean

redaksiWD

Polda Jatim Bekuk Sindikat Produsen Uang Palsu

redaksiWD