wartadigital.id
Mataraman

Peringatan Hardiknas ke-116, Kebangkitan Kedua menuju Indonesia Emas

Tekankan pentingnya penguasaan teknologi menuju Indonesia Emas 2045

NGANJUK (wartadigital.id) – Pemerintah Kabupaten Nganjuk merayakan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024 dengan menggelar upacara bendera di halaman Pendopo KRT Sosro Koesoemo, Pemkab Nganjuk, Senin (20/5/2024).

Kegiatan bertajuk “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas” ini dihadiri oleh Forkopimda dan berbagai elemen masyarakat, termasuk pejabat pemerintahan, anggota TNI dan Polri, pelajar, serta organisasi masyarakat dan kepemudaan.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Pj. Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi, yang menekankan adanya perbedaan kemerdekaan yang dirintis berabad-abad lalu dengan kondisi saat ini, dimana kemajuan teknologi telah menjadi bagian integral dari peradaban manusia.

“Penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia emas. Inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner,” ujar Sri Handoko Taruna saat membacakan sambutan.

Dia juga menggarisbawahi pentingnya bonus demografi yang dimiliki Indonesia, dengan 60 persen penduduk berada dalam usia produktif. “Bonus demografi menunjukkan bagaimana 60 persen penduduk Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi-inovasi baru, bagi kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Sambutan itu juga mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo yang menekankan peluang Indonesia untuk menjadi negara maju dalam 10 hingga 15 tahun ke depan dengan memaksimalkan bonus demografi. Presiden mengingatkan, kesempatan tersebut hanya datang satu kali, sehingga penting bagi Indonesia untuk tidak keliru dalam memilih langkah.

Pengelolaan bonus demografi dengan kebijaksanaan, khususnya melalui adopsi teknologi digital, juga menjadi fokus sambutan tersebut. “Tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 79.5% dari total populasi. Ini diperkuat dengan potensi ekonomi digital ASEAN yang diperkirakan meroket hingga 1 triliun USD pada Tahun 2030,” katanya.

Terakhir, melalui perayaan Harkitnas ini Pj. Bupati berpesan agar masyarakat Nganjuk juga memiliki semangat yang sama dengan pemerintah pusat yakni memiliki semangat menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Kiranya semangat Bangkit untuk Indonesia Emas ini, juga sama dipedomani di Kabupaten Nganjuk untuk sama-sama kita berbuat yang terbaik untuk Nganjuk yang terbaik, untuk Nganjuk Bangkit,” tuturnya. aju, ins

Related posts

Diduga Terlibat Jual Beli Jabatan, Bupati Nganjuk Ditangkap KPK

redaksiWD

Berkeliaran di Irigasi, Damkar Tulungagung Evakuasi Buaya yang Ditangkap Warga

redaksiWD

Kota Madiun Masuk Wilayah dengan Prevalensi Stunting Terendah di Jatim

redaksiWD