wartadigital.id
Ekbis Headline

OYO dan Microsoft Bersinergi untuk Transformasi Digital Industri Pariwisata

Hotel yang termasuk jaringan OYO di Indonesia.

 

NEW DELHI (wartadigital.id) – Microsoft dan perusahaan teknologi pariwisata global OYO hari ini mengumumkan kerjasama strategis kedua perusahaan untuk mengembangkan teknologi di industri pariwisata dan perhotelan masa depan.

OYO  disebut akan mengadopsi layanan cloud computing Microsoft Azure sebagai kunci untuk mendorong inovasi berbasis cloud dan merevolusi industri perhotelan dan industri pariwisata berbasis teknologi. Dengan solusi ini, OYO akan  memperluas dampak positif kepada pada bisnis hotel kecil dan menengah di seluruh dunia.

Sejalan dengan komitmen jangka panjang Microsoft atas kemitraan strategis keduanya, Microsoft juga akan berinvestasi di OYO dalam bentuk ekuitas.

Global COO & Chief Product Officer – OYO Hotels & Homes Abhinav Sinha mengatakan pihaknya sangat senang dapat berinovasi bersama-sama dengan Microsoft, memimpin kemajuan teknologi masa depan untuk hotel kecil dan menengah, serta terus meningkatkan pengalaman menginap bagi para traveler. Selama beberapa tahun terakhir, OYO  telah mengembangkan ekosistem aplikasi partner dengan lebih dari 50 aplikasi dan lebih dari 500 layanan.  “Ekosistem ini dapat memberikan peningkatan pendapatan hingga 2 kali lipat untuk mitra properti baru yang bergabung dengan jaringan OYO,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (10/9/2021).

OYO kata Abhinav melalui aplikasi Machine Learning (ML) dan Artificial Intelligence (AI),  dapat menjalankan jutaan optimasi harga per hari untuk meningkatkan pendapatan atau memungkinkan pengguna untuk memesan OYO dalam hitungan detik.

Pihaknya berharap aliansi OYO dengan Microsoft akan membantu memberikan kekuatan teknologi pada usaha kecil, bahkan di sudut-sudut terpencil di dunia. Komitmen Microsoft juga dipertegas melalui investasi mereka dalam bentuk ekuitas. “Melalui kolaborasi ini, hotel-hotel di jaringan kami akan mendapat manfaat dari menjadi bagian dari sistem yang terintegrasi, dengan akses ke teknologi teranyar untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan pendapatan. Bagi para pelanggan, kerjasama ini akan mendukung pengalaman menginap yang lebih terpersonalisasi dan berbeda,” katanya.

Sebagai bagian dari aliansi ini, OYO akan mengembangkan pengalaman Smart Room untuk para traveler di platform OYO, contohnya seperti pengalaman kontrol suara dalam kamar yang premium dan terpersonalisasi. Menggunakan layanan Microsoft Speech dan AI, pengalaman tersebut juga akan mencakup check-in mandiri yang didukung oleh sistem kedatangan dan keberangkatan digital, sistem identifikasi Know-Your-Customer (KYC) mandiri, serta smart key untuk ruangan hotel yang dikelola menggunakan Internet of Things (IoT) dan asisten virtual.

“Kami menyadari betapa pandemi telah menyebabkan perubahan besar dalam perilaku pelanggan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kini tamu kami lebih dekat dengan layanan berbasis digital, mereka mencari fleksibilitas, pemesanan dan pelayanan yang lebih cepat. OYO melihat bahwa perubahan tersebut harus cepat diadopsi oleh pengusaha lokal dengan cepat. Dengan adanya kerjasama antara OYO dengan Microsoft, mitra hotel kami di Indonesia bisa mengakses teknologi terdepan untuk meningkatkan pelayanan terhadap tamu, serta pengelolaan operasional dan pendapatan yang lebih baik. Salah satunya melalui teknologi berbasi cloud yang difasilitasi Microsoft Azure yang didukung keamanan dan skalabilitas tingkat tinggi,” ujar Agus Hartono Wijaya selaku Country Head OYO Indonesia.

Berdiri pada 2013, OYO Hotels & Homes adalah sebuah startup di bidang perhotelan yang kini merupakan salah satu jaringan hotel, rumah dan ruang tinggal di dunia. OYO mengelola berbagai properti dengan lebih dari 44.000 hotel dan lebih dari 1,2 juta kamar.  Saat ini OYO dapat ditemukan di lebih dari 800 kota di 80 negara, termasuk AS, Eropa, Inggris, India, Timur Tengah, dan Jepang. Di Asia Tenggara, OYO hadir di lebih dari 250 kota dengan lebih dari 2.500+ hotel di seluruh Malaysia, Indonesia, Filipina, Vietnam dan Thailand. riz, nti

Related posts

Strategi Aplikasi Layanan Alodokter, dari Pengalaman Pribadi Jadi Solusi Kesehatan untuk Jutaan Orang

redaksiWD

Gelombang Protes THR Lewat Petisi, Kritik Kebijakan Sri Mulyani Samakan ASN dengan Romusha

redaksiWD

Suka Duka 4 Srikandi UNAIR Jadi Relawan di Ruang Isolasi Covid-19 RS di Bojonegoro

redaksiWD