wartadigital.id
Pendidikan

Unair Meraih Penghargaan IKU 2 Liga PTN-BH  

Unair menorehkan prestasi luar biasa dengan berhasil meraih Indikator Kinerja Utama (IKU) 2 Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) 2023.

 

SURABAYA (wartadigital.id)  – Unair menorehkan prestasi luar biasa dengan berhasil meraih Indikator Kinerja Utama (IKU) 2 Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) 2023. Capaian itu ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi pada Senin (1/7/2024) di Jakarta.

Penghargaan tersebut menandakan bahwa banyak mahasiswa, dosen, dan alumni Unair yang berprestasi dan berkontribusi di berbagai bidang. Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak menyukuri keberhasilan Unair meraih penghargaan itu, ia juga mengapresiasi kerja keras civitas academica sehingga Unair bisa mencapai IKU 2 Liga PTN-BH.

“Tentu ini menjadi hal yang sangat menggembirakan dan kami tentu sangat mengapresiasi kerja keras dari kawan-kawan seluruh civitas academica Universitas Airlangga karena tanpa kerja keras mereka, pastinya tentu capaian ini tidak bisa kita raih,” tuturnya dalam keterangan resmi, Kamis (11/7/2024).

Selain itu, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair Itu menjelaskan bahwa Unair selalu terdorong untuk meningkatkan kualitas guna meraih prestasi lebih baik di tahun selanjutnya “Tentu kita berharap perbaikan-perbaikan itu akan mengantarkan kita pada posisi yang lebih baik dari tahun 2023 yang diumumkan di tahun 2024 ini,” ungkapnya.

Prof Nasih juga menjelaskan bahwa penghargaan IKU 2 Liga PTN-BH dapat terwujud berkat program SMART University yang telah UNAIR susun. Yakni, Sustainable education for all; Meaningful research & community services; Advancing innovation, enterprising, & industry linkages; Responsive and lean management; serta Topping up tangible & intangible resources utilization.

“Awal konsen kita adalah di relevansi dan employability yang kalau kemudian kita olah kembali menjadi SMART University itu adalah bagian dari aktivitas kita. Dan atau program-program kita yang salah satu output atau outcome yang bisa diperoleh adalah kinerja di IKU,” jelasnya.

Prof Nasih juga menegaskan bahwa Unair akan terus meningkatkan perhatian pada kecepatan alumni mendapatkan pekerjaan layak, serta program untuk tetap terhubung dengan para alumni. Selain itu, Unair juga telah menyiapkan program untuk meningkatkan minat MBKM para mahasiswa dengan perbaikan sistem konversi. “Akreditasi internasional, demikian juga dengan kerjasama dan lain-lain Unair tentu menjadi pelopor bagi semuanya termasuk output riset dan sebagainya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Prof Nasih mengungkapkan bahwa Unair akan tetap berorientasi pada relevansi, employability, serta quality untuk meraih capaian IKU di tahun berikutnya. Ia yakin bahwa peringkat Unair masih dapat naik lagi melalui kerjasama dalam lingkungan Universitas Airlangga. “Saya yakin capaian IKU yang lebih baik akan bisa kita raih di kemudian hari. Sesungguhnya program kita apapun kualitasnya harus tetap meningkat karena dengan kualitas yang meningkat, maka penilaian atas output atau outcome akan bisa kita capai secara bersama-sama,” pungkasnya. nti

Related posts

Rem Lonjakan Omicron, Wagub Jatim Minta Sekolah Terapkan 50% PTM

redaksiWD

Tiga Tenaga Kependidikan Unair Hadiri Staff Week di Turki

redaksiWD

Cegah Bullying di Sekolah, Pemkot Surabaya Ciptakan Game Kebersamaan

redaksiWD